Salah Naik Pesawat Demi Manta & Mola

Taraaaa.....! Bulan Juli 2019 kemaren gw nekad resign dari Arnotts tanpa nemu kerjaan baru karena kesel dengan bos bos Indihe dan perusahaan yang sucknya luar biasa. Daripada mati gaya ga ngapa-ngapain sambil nunggu kerjaan baru, bulan Agustus gw mo ngabisin waktu sebagai pengangguran dengan nyelem ke NTT. Sebelumnya mampir dulu di Bali karena udah janjian sama Potta, Mba Ririn, and Mba Maya mau ke Penida ngeliat ikan Mola Mola. Belom pernah liat soalnya sekalian penasaran juga sama drift diving di Crystal Bay. Kaga tau Mola Mola? Nih gambarnya 

Nih Si Mola Mola temennya Bondan si Lumba Lumba
(Courtesy of KKP : https://pbs.twimg.com/media/D7jV675VsAAzgHB.jpg)

Perjalanan panjang nan lempeng kali ini diawali dengan drama kumbara. Gw salah naik pesawat. 

Saya ulangi pemirsa .. SALAH NAIK PESAWAT!

Diawali dengan kesotoyan gw berangkat mepet - ah Halim doang, deket 15 menit juga nyampe nebeng mamang Gojek, gw nyampe tepat 30 menit sebelum boarding di Halim Perdanakusuma, Untung ga bawa banyak bagasi, cuma carrier sebiji dan fin bag, gw lari-lari ke dalem ruang tunggu. Alhamdulile belom pada boarding, sempetlah jajan kupi setarbak segelas demi menghapus dahaga. Sluuurrppp..... santai santai padahal bencana mau mulai. 

"Citilink Denpasar Boarding!!! Citilink Denpasar....."

Biasa, mba mba Citilink mulai tereak-tereak di Halim tanpa perasaan. Mungkin dulu mbaknya bekas kenek bis AKAP Pulogadung. Gw jalan dengan gagah berani ke Gate 2. Mbaknya berbisik syahdu :

"Pesawatnya sebelah kanan ya.." 

Lha bangke, pas gw keluar pintu kaca ada 5 pesawat citilink berjejer dengan rapi, tanpa penanda pula ini jurusan mana. Yaudeh gw jalan terus,,, pesawat sebelah kanan, oh mungkin paling kanan ujung sana kali ya. Sotoy banget gw jalan ga pake noleh or nanya kiri kanan ini pesawat tujuan Denpasar yang mana ya. Maju terus sampe ujung, gw naik masuk ke dalam perut pesawat, ketemu mba pramugari yang bahkan ga nyapa dan nyebutin : Citilink tujuan ...... 

Gw dengan pedenya duduk santai sesuai seating di tiket : 17F. 

Gw.Masih.Inget.Banget.Nomornya!!

17F. F for FANGSAAAAATTTT!

Tarik nafas biar sabar. Sengaja biar deket jendela bisa nemplok tidur siang. Kiri gw ga ada orang, oke fine gpp bisa selonjoran kalo udah terbang. Entah kebetulan atau gimana, tempat duduk ini gak di klaim oleh pemilik aslinya. Ya bisa jadi seatingnya ga ada yang beli. Makanya gw gak curiga sama sekali hingga proses boarding selesai. 


Gw udah siap berangkat, duduk rapi jali, kaki udah dilemesin, pasang headset, dengerin om glenn nyanyi, ngabarin anak anak gw udah boarding bentar lagi mo terbang, lho kok lama amat yak udah 15 menit dari jam berangkat kok ga terbang terbang, ah nunggu ngantri kali... ah sotoy banget gw. Padahal..

....datanglah musibah. Pesawat udah mundur pelan-pelan sembari mba pramugari judes bersabda :

"Selamat datang di Citilink QG nganunganu dengan tujuan Yogyakarta. Penerbangan Anda akan ditempuh dalam satu jam dua puluh menit..", sisanya gw ga peduli dia ngomong apa karena alarm panik otak gw langsung bunyi. 

HAH, YOGYAKARTA???????? 
Lah bangsat kan gw mestinya ke Denpasar!!!! 

Gw berdiri dan langsung neken keras keras calling button di atas kepala deket lampu, setengah teriak. 

"MBA SAYA SALAH NAIK PESAWATTT!!!!!!"

"Mba tujuan mana...??", sahut mba pramugari sambil pasang muka kesel pengen nelen gw. 

"DENPASAR mbaaa..", gw nyaut dengan vibrato suara gemeter campur kesel.

"Denpasar pesawat pertama tadi sebelah kanan, udah berangkat duluan mba....", YEP! Turunin gw cepetaaan! 

Lutut gw lemes, langsung sigap ngeluarin carrier dan tas fin dari kompartemen bagasi, mba pramugari minta kapten balik ke landasan untuk ngebuang gw balik ke boarding room. 

"HUUUUUUUU.....", penumpang lain sepesawat kompak neriakin gw pas turun. 

Bodo amat njeng.. emang situ yang bayarin tiket gw, rutuk gw dalam hati. Yah bakalan nombok lagi nih beli tiket baru. 

Pas di boarding room, pihak Citilink menolak tanggung jawab atau mengganti kerugian gw dengan alasan mereka udah menjalankan prosedur hingga penumpang keluar dari ruang tunggu. 

Iya njeng, tapi gak lu arahin pesawatnya yang mana, gak ada plang penunjuk jurusan udah tau pesawat lu sama semua, berjejer 5 biji pula, di dalem pesawat tiket gw juga gak dicek sama pramugarinya, bener ga penumpangnya naik pesawat yang seharusnya. 

Yaudah daripada ribut, gw pecinta aliran kedamaian, gw ngefans sama SLANK dan untung abis gajian gw berasa kaya bak anak sultan, gw langsung cek tiket onlen. Sisa Lion Air penerbangan jam 4 sore, dari CGK pula. Mencet-mencet aplikasi pun tak ada gunanya, kalo mo beli tiket  H-2 jam, kudu ke desk ticketing maskapai ternyata. Langkah seribu, gw langsung cabut ke desk Lion Air beli tiket dan meluncur naik Damri ke Soetta. 

Tau gini mah gw naik Garuda! Total damage cost 1,7 juta, divert ke Ambon sekalian. Lion busuk 1.200K plus Citilink sialan 500K. Asuasuasuasuasuu.

I am keeping this suck story for myself till dis day hahaha... Gw cuma bilang ke anak anak kalo pesawat gw delay parah. Harusnya nyampe jam 12 siang di Denpasar, eh molor parah sampe jam 8 malam.

Jadi, pesan moral yang harus ditarik netijen dari pengalaman paling anjeng gw ini :  
1. Kalo ga terpaksa banget, gw ga mo berangkat dari Halim dan naik Citilink. 
2. Kalo udah naik pesawat, jan lupa nanya ke mba pramugari, penumpang kiri kanan atas bawah, pastiin lu naik ke pesawat yang bener.

Demi manta dan mola mola, gw sampe salah naik pesawat. 


SMI
Jakarta. 4 April 2020

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RARAMA BE BYE DI BIAK !

MAU NGAPAIN 3 TAHUN LAGI?? PENSIUN DINI!

DUA HARI SATU MALAM DI TITIK PALING TIMUR : MERAUKE!